Ticker News

header ads

Wabah Corona Akan Berakhir Ketika Ramadan Datang


Salah satu wabah penyakit paling masyhur dan paling banyak menyebabkan kematian dalam peradaban Islam adalah wabah Tho'un. Wabah ini sejenis penyakit kolera, ada juga yang menyebut penyakit kulit.

Meski berbeda dengan Covid-19, wabah Tho'un  memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama mematikan dan penyebarannya sangat cepat dan belum ada obat yang bisa menyembuhkannya.

Nabi Muhammad SAW pernah memberikan pesan:
"Jika kamu mendengar tentang Tho'un di suatu tempat, maka janganlah kamu memasukinya (tempat itu). Apabila kamu (terlanjur) berada di tempat yang terkena wabah itu, maka janganlah kamu keluar darinya (tempat itu)." (HR. At-Turmuzi dari Sa'id).

Lalu, kapan wabah ini berakhir?

Jawaban yang pasti tentu hanya Allah SWT saja yang mengetahuinya, karena semua bala musibah dan penyakit terjadi atas izin dan kehendak-Nya.
Dalam satu kitab klasik karya Al-Alim Ibnu Hajar Al-Asqalani (wafat 852 H) dijelaskan tentang wabah ini.
Ibnu Hajar, pengarang Kitab Fathul Baari fi Syarah Shahih Bukhari dalam salah satu karyanya: "Badzlul Ma'un fi Fashlilth Thaun" (pemberian bantuan kepada para penderita penyakit Tho'un) halaman 369 mengatakan:
عامة الطواعين التي وقعت في بلدان المسلمين على مر التاريخ إنما تقع أثنا فصل الربيع وبعد خروج الشتاء ثم ترتفع في أول الصيف
"Wabah penyakit Tho'un (wabah yang disebabkan virus penyakit) yang menimpa kaum muslimin sepanjang sejarah yang terjadi di pertengahan antara musim gugur hingga usai musim hujan. Setelah tiba musim panas, maka wabah penyakit itu akan segera hilang."
Musim panas adalah masa-masa bulan Ramadan. Mungkinkah corona virus akan berakhir di bulan Ramadan? Semoga.



Sumber Alumni 212 https://www.alumni212.id/2020/03/wabah-corona-akan-berakhir-ketika.html

Post a Comment

0 Comments