Ticker News

header ads

Ingin Membantu Warga Bersekolah, Guru Honorer Ini Malah Tersandung Masalah

Kuningan, Swamedium.com — Rohayatun, guru honorer non-K di Kuningan Jawa Barat, tersandung masalah lantaran mengunggah video seorang siswa berusia tujuh tahun bernama Jodi. Masalah tersebut lantaran video disebarkan tanpa konfirmasi dengan Pemerintah Desa Margabakti, Kuningan, Jawa Barat.

Pengurus Pusat Forum Guru Honorer, Tenaga Honorer, dan Honorer Swasta Indonesia (FGTHSI) Riyanto Agung Subekti menuturkan, apabila dibutuhkan, FGTHSI akan memberikan fasilitas berupa bantuan hukum terhadap Rohayatun. “Kami turut prihatin dengan kejadian ini, dan sungguh disayangkan jika niat baik Rohayatun, ternyata pihak pemerintah desa melayangkan surat protes ke dinas pendidikan,” kata dia, Seasa (13/8).

Jodi merupakan bocah berusia tujuh tahun asal Kabupaten Kuningan. Video yang diunggah oleh Rahayatun memperlihatkan perjuangan Jodi menuju sekolah.

Dalam video tersebut, Rohayatun tampak mengantar Jodi pulang ke rumah melewati jalan seperti bukit terjal dan sulit dilalui. Video juga menceritakan Jodi bersekolah menggunakan baju yang kotor tanpa menggunakan alas kaki.

Video tersebut kemudian viral dan Rohayatun diundang ke Jakarta oleh stasiun televisi untuk menceritakan kisah Jodi. Namun, Pemerintah Desa Margabakti melayangkan protes ke dinas pendidikan setempat karena menganggap video tersebut tidak menyertakan konfirmasi dari pihak perangkat desa.

Kepala Desa Margabakti Nono Mulyono menuntut pertanggungjawaban dan video klarifikasi dari Rohayatun dan kepala SD Negeri Margabakti. Video klarifikasi tersebut berlandaskan pada UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Video yang disebarkan hingga viral itu tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Margabakti serta warga merasa terusik dengan viralnya video tersebut,” tulis Nono di dalam surat keberatan kepada Rohayatun dan sekolah.



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/08/15/ingin-membantu-warga-bersekolah-guru-honorer-ini-malah-tersandung-masalah/

Post a Comment

0 Comments