Ticker News

header ads

Sidang Sengketa Pilpres, BW: Ajakan Baju Putih Jokowi Langgar Azas Bebas Rahasia

Jakarta, Swamedium.com — Ketua Tim Pengacara Pasangan Calon Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Bambang Widjojanto, membacakan permohonan gugatan pada sidang perdana Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (14/6/2019).

Kuasa hukum paslon Prabowo-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto singgung anjuran pakaian putih saat hari pencoblosan Pilpres 2019 yang dikatakan Capres 01 Jokowi – Joko Widodo.

Menurut Bambang, anjuran tersebut berpengaruh besar dalam hasil Pilpres 2019.

Mantan komisioner KPK itu mempermasalahkan Capres 01 Jokowi imbau pemilihnya pakai baju putih saat pencoblosan di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

“Sebelum pencoblosan Paslon 01 terus menerus barkampanye agar pemilihnya ke TPS menggunakan baju putih pada saat datang ke TPS 17 April,” ungkap Bambang di depan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) seperti ditayangkan Kompas Tv Jumat (14/6/2019) seperti dikutip Wartakotalive.com.

Menurut Bambang, anjuran tersebut jelas manyalahi aturan UU Pemilu dimana Pemilu harus berlangsung Jujur, Adil dan Rahasia.

Terlebih kata Bambang, anjuran tersebut diajukan oleh petahana, yang memiliki jabatan tertinggi di struktur pemerintahan.

“Harusnya Capres 01 paham betul bahwa memilih dilindungi azaz kerahasiaan maka instruksi pakai baju putih jelas melanggar azaz rahasia,” jelas Bambang.

Selain itu kata Bambang, intruksi memakai baju putih ke TPS juga dapat menjadi tekanan psikologis dan intimidasi kepada pemilih di TPS saat 17 April lalu.

“Ajakan itu juga adalah pelanggaran serius azas pemilu yang bebas dan menimbulkan tekanan psikologis dan intimidatif dan akhirnya membawa pengaruh pada Pilpres,” kata Bambang.



sumber SwaMedium https://www.swamedium.com/2019/06/14/sidang-sengketa-pilpres-bw-ajakan-baju-putih-jokowi-langgar-azas-bebas-rahasia/

Post a Comment

0 Comments