Ticker News

header ads

Kagumi Drone Bikinan Pelajar SMK, Sandiaga: Ini Baru Milenial

Sidoarjo - Berpindah ke Sidoarjo, cawapres nomor urut 2, Sandiaga Uno diajak melihat-lihat hasil UMKM yang dipamerkan di Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Salah satu yang menarik perhatian Sandi adalah drone bikinan pelajar SMK bernama Fatchiano AM (19) dan rekan-rekannya.

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno
 Ketika ditanya kegunaannya, remaja yang akrab disapa Vino itu menjelaskan bahwa drone ini merupakan salah satu teknologi mutakhir dalam bidang pertanian. 

"Drone ini sangat membantu untuk para petani, karena dalam waktu singkat mampu memupuk atau membasmi hama dalam waktu singkat," terang Vino dalam acara Dialog Cawapres dengan UMKM, Generasi Milenial dan pertemuan kelompok desa se-Sidoarjo, Rabu (2/1/2019).

Menurut Vino, dengan drone ini, proses penyemprotan pestisida dan pupuk di lahan pertanian seluas satu hektar dapat dilakukan hanya dalam waktu 15 menit saja.

Usai mendengarkan penjelasan Vino, Sandiaga pun mengaku terkesan dengan hasil karya SMK PGRI 2 Ponorogo tersebut. 

Kagumi Drone Bikinan Pelajar SMK, Sandiaga: Ini Baru MilenialFoto: Suparno

"Saya kagum dengan Vino beserta rekannya yang punya kepedulian begitu besar untuk menciptakan alat yang membantu petani dengan digital framing dalam meningkatkan produksinya. Ini baru milenial," kata Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga kagum melihat banyaknya inovasi UMKM yang dipamerkan dalam acara tersebut, baik dalam kemasan, produksi maupun desain produknya, apalagi jika inovasi itu digagas kaum milenial.

Bagi Sandiaga, kaum milenial memang harus jeli mencari peluang hingga mewujudkan usaha yang tak hanya menguntungkan tetapi juga menciptakan lapangan kerja.

"Milenial itu harus menciptakan lapangan kerja, jangan mencari kerja. Indonesia akan mendapatkan keuntungan demografi di 2020. Jika deregulasi ekonomi masih berbasis impor dan tidak membatasinya dengan menggenjot produksi nasional, kita akan jadi penonton bukan pemain," jelasnya.

"Para milenial harus terus pikirkan cara-cara baru, temukan terobosan-terobosan, sebagaimana yang dilakukan Vino. Seharusnya ada pengembangan berikutnya, sehingga apa yang dihasilkan Vino bisa diterapkan. Pemerintah memang harus hadir di sini," lanjutnya.


sumber detik 

Post a Comment

0 Comments